Cara mengatasi AC Bocor Air di Dalam Ruangan  

AC yang bocor atau menetes di ruangan memang sangat mengganggu, air tersebut akan terus bertambah selama kita menyalakan AC. Jika tidak segera di tangani dengan benar, bocor air akan dapat membasahi perabotan rumah serta akan menambah parah kerusakan pada AC tersebut.

cuci ac purwokerto

Penyebab dan Cara Mengatasi AC Bocor

  • Unit AC yang Sudah kotor

Di dalam indoor unit AC terdapat sistem drainase atau tempat pembuangan air yang di hasilkan dari pipa evaporator yang dingin mengembun, talang pembuangan ini berada di bagian depan dan belakang pada indoor unit. Bocor air tersebut bisa di sebabkan karena jalur pembuangan mengalami penyumbatan yang di akibatkan karena kotoran debu yang menggumpal, sehingga air yang seharusnya terbuang keluar ruangan akan terhalang kotoran tersebut dan menetes di dalam ruangan. Cara menanganinya bisa kalian Cuci AC tersebut dengan alat-alat cuci AC yang sesuai dengan prosedur pengerjaannya agar semua kotoran dapat hilang. Atau bisa menghubungi kontak kami untuk layanan panggilan cuci AC Purwokerto dan sekitarnya.

  • Gumpalan ES Batu di Dalam AC

Jika pada AC Anda mengalami kebocoran air serta banyak air yang menetes dari depan atau atas bagian casing indoor, hal tersebut bisa di akibatkan karena evaporator atau pipa pendingin indoor yang mengalami pembekuan sehingga banyak bunga es yang menggumpal pada indoor unit, bunga es tersebut akan bertambah terus dan akan semakin mengeras menjadi es batu selama AC menyala, yang akan membasahi indoor sehingga menjadi bocor. Terjadinya bunga es pada indoor AC di akibatkan karena tekanan freon atau gas pendingin yang tidak setandar bisa kurang atau kelebihan freon. Bagian indoor yang muncul bunga es juga bisa di akibatkan karena fan motor atau kipas indoor yang tidak berputar, hal ini mengakibatkan pembuangan suhu dingin evaporator menjadi tidak lancar pada indoor AC untuk mendinginkan ruangan sehingga terjadi penumpukan bunga es.

Cara mengatasi error seperti ini yang harus dilakukan adalah mengecek tekanan freon, apakah sudah sesuai dengan spesifikasi unit AC tersebut apa belum, saat akan mengisi gas freon pastikan sudah tidak ada kebocoran gas freon lagi sebelum kita menambah tekanan freon, karena pada umumnya gas freon tidak akan bertahan lama atau berkurang apa bila tidak ada kebocoran di sistem sirkulasi freon. Untuk bagian kipas indoor pastikan kipas berputar dengan normal jika terjadi error di kipas cek terlebih dahulu sistem modul pcb indoor unit apakah terjadi kerusakan atau tidak, karena kipas indoor di atur kerjanya oleh pcb ini.

  • Pemasangan AC yang Salah

AC bocor air karena pemasangan unit indoor yang tidak sesuai dengan jalur pembuangan air. Jika AC di kamar Anda di rasa masih normal dengan dingin yang bagus tetapi ada tetesan air yang jatuh di lantai kamar, itu bisa jadi karena posisi unit indoor yang tidak seimbang. karena pada dasarnya pemasangan indoor unit seharusnya pada posisi yang rata atau seimbang dengan sisi kanan kirinya agar air pembuangan dapat mengalir lancar tanpa melawan gravitasi bumi sehingga tidak terjadi bocor air di ruangan, karena sistem pembuangan air pada unit indoor sudah di desain dengan baik untuk membuang air yang di hasilkan oleh evaporator pendingin, kemudian pastikan ujung dari pembuangan air AC di luar ruangan terbebas dari benda benda yang dapat menutup lubang selang pembuangan.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lancar Gemilang Service
Hubungi via WhatsApp